Temui Konstituen, Politisi PKB Sukiman Taher di Desak Warga Inginkan Pemekaran Desa

0
183

PARIMO | matarakyatindo.com – Sejumlah politisi yang memiliki kursi di DPRD Provinsi maupun Kabupaten saat ini melakukan kunjungan kepada konstituennya hingga kepelosok desa melakukan reses.

Salah satunya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong Sukiman Taher secara bersamaan mendampingi reses perseorangan bersama Mastullah politisi PDIP.

Hasil pertemuan di desa terdapat sejumlah permintaan, salah satunya disebut Politisi PDIP Mastullah, dimana sejumlah tokoh masyarakat desa Lambunu Kecamatan Bolano Lambunu menginginkan adanya pemekaran desa di wilayah setempat.

Dia menjelaskan dengan adanya usulan masyarakat yang inginkan pemekaran desa sekaligus meminta perubahan nama Kecamatan Bolano Lambunu menjadi kecamatan Lambunu adalah menjadi agenda anggota DPRD untuk menampung aspirasi masyarakat, walaupun seharusnya pengusulan ini dimasukan pada tahun 2018 lalu, ungkap Mastullah saat menggelar reses, Selasa (11/8/2020).

Terkait pemekaran desa sesuai Permendagri nomor satu tahun 2017 kata Sukiman Taher, sebenarnya sudah bisa dilakukan dengan melihat jumlahnya telah mencapai 800 jiwa penduduk. Ini artinya sudah bisa dilakukan pemekaran desa, namun gaweannya berada pada badan Eksekutif melalui Tata Pemerintahan (TAPEM) ungkap politisi PKB ini.

Seiring disetujuinya ranperda pemekaran Desa, hal ini telah memotivasi bagi masyarakat untuk memekarkan desa. Namun demikian sambung Sukiman Taher, tetap harus memenuhi persyaratan yang ada. Karena itu usulan terkait pemekaran sepenuhnya akan di tampung oleh dewan, selanjutnya akan di bahas dalam rapat DPRD beeikutnya,”ungkapnya.

Sukiman menjelaskan, untuk memekarkan wilayah tentu tak semudah membalikan telapak tangan. Karena hal ini memerlukan proses yang panjang baik tenaga dan pikiran termasuk biaya yang disiapkan pemerintah daerah.

“Semuanya harus dikaji terlebih dahulu terkait dari segi kemampuan daerah dan dampaknya, serta sumber daya manusia dan prioritasnya. Kendati demikian kita DPRD tetap berusaha memperjuangkan usulan masyarakat desa Lambunu yang menginginkan pemekaran desa” ujarnya.

Reporter : Deni / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here