Terbebas Penyakit Malaria di Mepanga, Ternyata Penderita TBC – HIV Mulai ‘Mengancam’…! Apa Kata Wabup ?

0
73

PARIMO | matarakyatindo.com – Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE melanjutkan kunjungan kerjanya di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong. Setelah sehari sebelumnya mengunjungi Puskesmas Palasa, kini berkunjung ke Puskesmas Mepanga, Kamis (6/8/2020).

Didampingi Camat Mepanga, Wakil Bupati langsung melakukan pengecekan masyarakat penderita penyakit menular yang berpotensi menimbulkan wabah.

Hasil pengecekan, telah ditemukan bahwa Kecamatan Mepanga bebas panyakit malaria sejak tahun 2015. Namun, di tahun 2020 Kecamatan Mepanga terdapat kasus penyakit menular lainnya seperti penderita Tuberkulosis (TBC) sejumlah 13 kasus dan penderita HIV sejumlah 4 kasus yang keseluruhan penderita dalam masa pengobatan.

Menurut Badrun, untuk mengantisipasi segala bentuk penyakit menular, Pemerintah Kecamatan maupun Puskesmas agar melaksanakan rapat evaluasi pencegahan maupun penanganan penyakit menular setiap bulannya dan ditindak lanjuti.

Bagi penderita HIV, Wakil Bupati menghimbau masyarakat untuk tidak menjauhi dan mengucilkan para penderita HIV diwilayahnya.

“Jangan kucilkan mereka dan menakuti mereka. Penderita HIV bisa menikah dan mempunyai anak.” pungkas Wakil Bupati, Badrun Nggai.

HUMAS PEMDA / PDE 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here