Terkait Rasisme, Begini Pernyataan Sikap Mahasiswa Asal Papua di Gorontalo

0
133

Gorontalo, Matarakyatindo.com – Sejumlah mahasiswa asal Papua di Gorontalo menyampaikan pernyataan sikapnya di depan Gubernur Gorontalo dan Forkopimda Provinsi Gorontalo, di Gedung Aula Rumah Dinas (Rudis) Gubernur Gorontalo. Selasa, (17/9/19).

Kegiatan Gubernur Gorontalo dan Forkopimda Provinsi Gorontalo Silaturahmi bersama mahasiswa asal Papua tersebut, menjadi moment penting bagi mahasiswa Papua untuk menyampaikan informasi terkait keberadaan mereka di Gorontalo.

Berdasarkan pernyataan sikap yang mereka sampaikan di depan Gubernur Gorontalo dan Forkopimda, bahwa mereka yang saat ini menempuh pendidikan di Provinsi Gorontalo menyatakan :

1. Menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Provinsi Gorontalo karena kami telah merasa menjadi bagian masyarakat gorontalo. Kami tidak merasa asing berada di tengah-tengah masyarakat gorontalo yang selama ini telah memperlakukan kami dengan baik.

2. Kami akan fokus menyelesaikan studi di gorontalo dan bertekad tidak akan terpengaruh dengan berbagai isu dan provokasi oleh pihak-pihak tertentu yang justru hanya akan menghambat studi kami sebagai mahasiswa.

3. Kami bertekad akan terus mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah negara kesatuan republik indonesia (NKRI) berdasarkan pancasila dan UUD 45 serta menghormati kebhinekaan.

4. Kami memohon agar pemerintah Provinsi Gorontalo terus memberikan dukungan dan pendampingan kepada kami mahasiswa papua di provinsi gorontalo, sehingga kami dapat menjalani perkuliahan dengan lancar dan damai, selesai tepat pada waktunya.

5. Demikian pernyataan ini kami buat sebagi bentuk komitmen kami mahasiswa asal papua selagi menempuh pendidikan dan berada di tengah-tengah masyarakat dan daerah provinsi gorontalo yang kami cintai ini.

“Kami berterima kasih karena sudah bisa bersilaturahmi bersama bapak Gubernur disini, dan kami mahasiswa papua merasa dicintai dan kami merasa tidak seperti yang difikirkan orang banyak di luar sana”, ucap Suzet Heting Fakdawer, mahasiswa asal Fak-fak.

Suzet juga mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada Gubernur dan para Forkopimda yang sudah menjaga dan mencintai mereka seperti anak sendiri.

Gambar Mahasiswa Asal Papua Saat dialog Dengan Gubernur Gorontalo dan Forkopimda Prov. Gorontalo (Foto: Hamdi)

“Kami juga berterima kasih buat semua orang di Kota Gorontalo, kepada masyarakat semua yang sudah menyayangi kami. Kami berjanji, kami akan sekolah dengan baik-baik yang bisa membanggakan Provinsi Gorontalo dan Papua”, pintanya.

Lanjutnya, mereka juga mengaku tidak pernah mendapatkan intimidasi selama berada di Provinsi Gorontalo.

“Semuanya berjalan lancar baik dari tetangga, Dosen dan teman-teman di kampus juga saya tidak merasa ada intimidasi apa-apa dan saya merasa tenang dan bangga bisa berkuliah di Gorontalo ini”, jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibi, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa Papua karena sudah menempuh pedidikan di Gorontalo.

“Mereka juga mengucapkan kepada Pemda dan masyarakat bahwa selama mereka kuliah disini tidak ada persoalan, bahkan mereka diterima secara santun oleh masyarakat gorontalo. Itu yang kita harapkan”, ucapnya.

Rusli juga mengaku menjamin Keamanan para mahasiswa papua yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Provinsi Gorontalo.

“Tanpa dijamin pun mereka sudah terterima dan sudah lama. Kita buktikan Gubernur Papua, Pak Lucas Enembe itu dulu tahun 80-an kuliah di Gorontalo, di IKIP, sampai Sarjana Muda dan Sarjana S1nya diambil di Manado. Beliau sendiri yang cerita sama saya”, tambahnya.

“Dan saya katakan bahwa mereka adalah anak-anak saya, dan juga mereka adalah masyarakat gorontalo yang lahir di Papua, tapi saya katakan kalian di utus oleh orang tua, oleh pemerintah untuk sekolah, harus sekolahnya tepat waktu dan kembali ke Papua untuk membangun Papua”, katanya.

Rusli juga menjelaskan terkait kepulangan beberapa mahasiswa Papua yang berada di Gorontalo itu karena sedang libur.

“Setelah ada laporan dari BIN dan teman-teman, mereka lagi libur, bukan pulang karena masalah. InsyaAllah cepat kembali”, tutupnya.

Reporter : Hamdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here