Ternyata ini Alasan Panwaslu Tomini Dirikan Pojok Pengawasan

0
376

Parimo – matarakyatindo.com Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Parigi Moutong meresmikan Pojok Pengawasan Partisipatif Pemilu di Tomini, Sabtu (05/01/2019).

Pusat pengawasan partisipatif Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Tomini ini diresmikan Muchlis Aswad, yang juga merupakan Ketua Bawaslu Parigi Moutong.

“Satu di antara program Pengawasan partisipatif yakni pojok pengawasan” Ungkapnya

Muchlis Aswad mengungkapkan, ini merupakan satu di antara program Bawaslu RI, kegiatan yang sama sudah dilakukan di beberapa tempat, rencananya akan tersebar di 23 Kecamatan.

“Panwaslu Tomini harus menjadi contoh Panwaslu Kecamatan lainnya, agar bisa mendirikan Pojok Pengawasan seperti ini,  terkesan sederhana,  tapi sangat elegan dan sangat mendidik” ungkapnya

Muchlis Aswad menjelaskan pembentukan Pojok Pengawasan Partisipatif merupakan salah satu cara untuk mencapai pemilu yang lebih efektif, dan informatif. Pojok Pengawasan Pemilu merupakan upaya Bawaslu dan Panwaslu dalam membentuk keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan Pemilu.

Sementara itu,  Ketua Panwaslu Tomini,  Mizwar mengatakan bahwa di Pojok pengawasan ini nantinya akan menjadi tempat Informasi bagi masyarakat Berupa naratif, dan audio visual untuk membuat masyarakat tertarik mencari tahu banyak hal tentag pemilu dan pengawasan pemilu.

“Pojok pengawasan bisa dijadikan media tempat diskusi sharing oleh siapa saja.
Banyak info lewat diskusi, bisa identifikasi permasalahan yang muncul dalam tahapan pemilu 2019.” Tuturnya

“Lewat diskusi bersama dapat menemukan dan mengenali lebih dini permasalahan dan temukan langkah pencegahan Sejak dini,  masyarakat terlibat bisa antisipasi segala kemungkinan mengganggu proses demokrasi,” kata Mizwar.

Wardiansyah,  yang juga merupakan anggota Panwaslu Tomini,  mengatakan bahwa Pojok pengawasan juga difungsikan sebagai tempat menampung aspirasi masyarakat. Apabila ada warga punya informasi pelanggaran pemilu, bisa melapor ke tempat ini.

“Silakan sampaikan, kalau ada apapun itu terkait pemilu. Pojok pengawasan merupakan satu dari enam pengawasan inspiratif,” tutur Wardiansyah.

“Supaya warga tidak hanya menjadi obyek pemilih saja, tetapi harus aktif dalam mengawasi Pemilu juga,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah,  salah seorang warga Ambesia,  Rasyid mengatakan bahwa dirinya dan warga lainnya sangat mengapresiasi pendirian Pojok Pengawasan oleh Panwaslu Tomini.

“Ini sangat luar biasa,  kami sebagai masyarakat butuh tempat untuk bertanya-tanya terkait pemilu,  pokoknya Panwaslu Tomini dan Bawaslu Parimo Is The Best lah gitu.!!” Pujinya

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here