Terus Jalin Silaturrahim, Sosok Perwira Polisi ‘Ringan Tangan’ Selalu Membantu Sesama

0
134

Wartawan : Sumardin (Pde)

PARIMO || matarakyatindo.com – Tugas dan fungsi polisi menurut UU No 2 Tahun 2002, yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; Menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan catatan itulah menjadikan sosok perwira pertama di Mako Polres Parimo berpangkat Ajun Komisaris Pertama (AKP) terus menjalankan amanah dengan menjalin silaturrahim ditengah masyarakat yang teruji dengan cobaan akibat Pandemi Covid-19.

Siapakah sosok perwira pertama Polisi yang menjadi panutan masyarakat di Eks Kecamatan Parigi Kabupaten Parimo (Sulteng) yang ‘Ringan Tangan’ selalu membantu sesama ?

Sesuai pengakuan seorang Imam Masjid Al’Ikhlas desa Lemusa Kecamatan Parigi Selatan Salim berkisah, sosok polisi yang selalu mendermakan sebagian hartanya adalah AKP Junus Achpah, baik untuk pembangunan Gereja maupun bantuan pembangunan Masjid.

“Kebetulan saat ini Jumat (8/1/2021) sekitar jam 15.45 Wita, Masjid Al’Ikhlas dusun 1 desa Lemusa mendapat bantuan batu bata dari pak Polisi AKP Junus Achpah untuk pembangunan Masjid yang diantar langsung oleh beliau bersama istri bernama Ibu Vivi Kanine” ujarnya.

Dalam pemberian bantuan tersebut, AKP Junus Achpah turut didampingi oleh Istri Vivi Kanine yang menyerahkan bantuan pembangunan mesjid yang diterima langsung oleh Imam mesjid Al Ikhlas bernama Salim dan ketua pembangunan mesjid Irwan Labaco.

Kepada media ini, Imam Salim menyatakan rasa syukur dan terima kasih tak terhingga atas besarnya perhatian AKP Junus Achpah terhadap pembangunan Masjid.

“Walaupun beliau seorang yang beragama non muslim tetapi memiliki kepedulian dan berjiwa sosial tinggi mau berbagi untuk mendermakan sedikit hartanya bagi pembangunan Mesjid di kampung halamannya sendiri. Doa kami semoga senantiasa beliau dalam perlindungan Allah SWT dilapangkan rejekinya dan sukses dalam karir…amin” tuturnya.

Kepada matarakyatindo.com, AKP Junus Achpah dengan rendah hati mengatakan bahwa hal itu adalah hal biasa bagi seseorang yang berniat suci, yang penting ikhlas.

“Dan ini sesuai program Kapolres Parimo AKBP Andi Batara Purwacaraka SH, SIK, dimana setiap hari Jumat adalah hari untuk berbagi atau sebutan program Jumat berkah, sehingga walaupun saya beragama non muslim, saya kira semua manusia atau umat beragama apapun pasti meyakini tentang perbuatan baik beramal saleh, diantaranya berbagi berkat/rezki bagi sesama dan tentunya juga untuk rumah ibadah” ujar Kabag Ops Polres Parimo ini.

Kata dia, pemberian tidak seberapa ini merupakan amanah yang pernah di sampaikan oleh Almarhumah ibunya yang memang berasal dari desa Lemusa.

Selain itu juga kata Junus, sebagai wujud kecintaan dirinya kepada keluarga besarnya didesa tersebut yang beragama Islam.

“Besar harapan saya dengan kegiatan seperti ini yang pertama akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah swt Tuhan Yang Maha Esa, kemudian selalu mensyukuri atas nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Yang paling penting mendorong setiap orang yang memiliki kelebihan rezki untuk saling berbagi, serta tentunya akan lebih meningkatkan tumbuhnya sikap bertoleransi antar umat beragama” harapnya.

Junus Achpah mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Parigi Moutong untuk masing-masing menjalankan ajaran agama dengan sungguh-sungguh dan penuh ketakwaan, tumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama manusia apapun agamanya, saling menghargai, saling menghormati dan pelihara terus keamanan dan kedamaian untuk keberlangsungan pembangunan nasional.

Sementara, Ketua Pembangunan Masjid Al”Ikhlas desa Lemusa Irwan Labaco berharap agar AKP Junus Achpah, bisa terus berbuat untuk kampung halaman, dan semoga menjadi pemicu bagi seluruh anggota Polri yang ada di Kabupaten Parigi Moutong dan Polri di seluruh Indonesia, menjadi Polisi yang Promoter, Melindungi, Mengayomi dan Melayani serta berjiwa sosial yang tinggi, pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here