Tidak Pasang Papan Informasi, Kades Konarom di Minta Belajar Lagi

0
329

Sulut, Bolmong, matarakyatindo.com Sudah memasuki tahun anggaran 2019 tahap kedua, papan informasi Penimbunan Jalan di Desa Konarom, Kecamatan Dumoga Tenggara, Kab. Bolaang Mongondow, tidak kunjung di pasang. Senin, (19/8/19).

Padahal, masyarakat memiliki Hak Informasi terkait program kegiatan dan juga nominal anggaran yang ada di desa untuk di lakukan pengawalan secara bersama-sama.

“Kalo memang Sangadi selaku kuasa pengguna anggaran untuk dana desa dan tidak memasang papan informasi, tampak jelas bahwa Sangadi tersebut tidak paham tatakelola keuangan desa makanya perlu mengkaji kembali atau belajar lagi, karena sangat jelas dalam UU Desa No. 6 tahun 2014 tentang transparansi anggaran desa” ungkap Sugeng Adiwibowo selaku masyarakat.

Sugeng juga menambahkan bahwa papan informasi harus dipasang karena itu merupakan bentuk transparansi kepada seluruh anggota masyarakat dan merupakan kontrol dari masyarakat dalam mengawasi dana desa.

“Inilah yang menjadi pertanyaan dari masyarakat kenapa papan informasi tidak dipasang?? ini akan menimbulkan pendapat-pendapat yang mungkin bisa menjadi liar, sehingga terindikasi ada penyembunyian angaran karena tidak transparan dan hal ini akan muncul ketika papan informasi tidak kunjung dipasang”, pungkasnya.

Sedangkan Camat Dumoga Tenggara, Malpin Dako, S.A.P, M.A.P, mengaku Kecewa jika benar papan informasi tersebut tidak di pasang.

“selaku pemerintah kecamatan kami mengucapkan terima kasih atas informasi ini, dan saya juga sangat kecewa kalo memang itu tidak dipasang, karena sekarang ini sudah era transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Tentunya, informasi-informasi mengenai program kegiatan dan juga nominal anggaran-anggaran yang ada harus di pasang”, imbuhnya.

Malpin juga menambahkan bahwa, Masalah papan informasi yang tak kunjung di pasang, pihak kecamatan akan menindak lanjuti kasus tersebut dengan melakukan pemanggilan kepada kepala desa yang bersangkutan.

“Kami akan melakukan pemanggilan kepada kepala desa konarom untuk diminta klarifikasi dan surat pembinaan, karena tugas pemerintah kecamatan melakukan pembinaan dan pengawasan”, ujarnya.

Di tempat yang berbeda, Ramli Udeng, selaku ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) mengatakan bahwa untuk masalah papan informasi tersebut langsung koordinasi kepada Sangadi (Red: Kades).

“karena ada yang dari pendamping desa yang akan langsung mo bacetak tapi sampai sekarang belum ada”. tuturnya.

“kami juga sudah berusaha untuk selalu mengkomunikasikan dengan pak Sangadi, cuman secara keseluruhan sampai sekarang ada tunggu-tunggu dari pendamping desa bulum ada”, tutupnya.

Hingga berita ini dilansir, Kades Konarom belum bisa dihubungi

Reporter : Vijay Karundeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here