Tiga Tersangka Kasus Korupsi Aset Koperasi TBK Parigi Ditahan Kejari

0
1623

Foto : Saat Kajari Parimo memberi keterangan pers kepada media (F-Den)

PARIMO || matarakyatindo.com – Setelah penantian selama beberapa bulan setelah ditetapkan Kejaksaan Negeri Parimo, akhirnya Tiga tersangka kasus korupsi aset koperasi Tasi Buke Katuvu (TBK) telah dinaikan ketahap dua, dimana dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh kejaksaan Negeri Parimo telah dinyatakan lengkap berkas (P21).

Kepala Kejaksaan Negeri Parimo Muhamad Fahrurozi SH MH membenarkan atas penahanan terhadap ketiga tersangka pada hari ini, rabu tanggal 10 Februari 2021.

Dalam proses penahanan terhadap para tersangka dugaan kasus aset koperasi Tasi Buke Katuvu, kejaksaan telah menetapkan ketiga nama sebagai tersangka dugaan aset koperasi Dinas Perikanan dan Kelautan Parimo dengan kerugian negara Rp 2,1 Miliar.

“Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Parigi Moutong langsung melakukan penahanan  terhadap tiga orang tersangka dalam perkara tindak pidana korupsi penyimpangan pada pengelolaan aset daerah di dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi moutong tahun 2012 oleh Koperasi Tasi Buke Katuvu” Ungkap Kajari pada awak media.

Senada, Kasi Pidsus Mohammad Tang SH, mengatakan bahwa selama 20 hari kedepan akan dilakukan penahanan, sehingga status tersangka sudah berada di tahap penuntutan.

Penahanan ini lanjut Moh. Tang dilakukan untuk kepentingan penuntutan sebagaimana pasal 20 ayat (2) KUHAP,  sehingga secepat mungkin perkara ini akan dilimpahkan ke pengadilan, ujarnya.

Pasal yang disangkakan terhadap ketiga terdakwa, yaitu HL, SS dan MT yakni pasal 2 ayat (1) Subsidair pasal 3 Jo. Pasal 18 Undang-undang No. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana Korupsi, Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Pantauan matarakyatindo.com, sebelum Kejaksaan melakukan penahanan dan para tersangka Siantar ke Rutan Olaya, para tersangka yang didampingi kuasa hukumnya, datangi kantor kejaksaan dari pukul 9:00 wita hingga pukul 16:55 wita sebelum naik ke mobil tahanan menuju rutan.

Catatan inisial tersangka yaitu SS Wakil Ketua II DPRD Parimo dan Ketua DPC PDIP Parimo, inisial HL mantan Kadis Perikanan dan Kelautan dan mantan Kadis Diskominfo dan MT bendahara koperasi TBK. (**)

Wartawan : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here