Tim Assesor Provinsi Akan Beri Penilaian Kinerja Periodik Kepsek Di Dua Sekolah

0
72

PARIMO | matarakyatindo.com – Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng saat ini akan memberikan kepercayaan kepada dua Sekolah di Kabupaten Parimo, untuk mengikuti Penilaian Kinerja Periodik Kepala Sekolah Tingkat Provinsi Sulteng, diantaranya SMAN 1 Tinombo Selatan, dan SMKN 1 Kasimbar.

Kegiatan Penilaian itu di Awali dari SMAN 1 Tinombo Selatan, yang dilaksanakan pada hari Senin (12/11), di pusatkan di Ruang Guru SMAN 1 Tinsel, di buka oleh Kepala Cabang Wilayah II di wakili Kepala Bidang SMA Sakimin, S. Sos.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala SMAN 1 Tinsel Busar Bina, SH MPd, Tim Assesor Provinsi di bawah Pimpinan I Ketut Sudiarsa, SPd. MPd dan Anggotanya I Nengah Marnah, SPd serta Ketua Komite Darwis Dg Malino, perwakilan wali siswa, serta Dewan Guru bersama Staf TU dan Para siswa.

Mengutip laporan Kepala Cabang Disdik Kebudayaan Wilayah II melalui Kepala Bidang SMA Sakimin, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, saat ini ada dua Sekolah yang ditunjuk oleh pihak Dinas Provinsi, untuk mengikuti Penilaian Kinerja Periodik Kepala Sekolah (PKPKS) Tahun 2021 yakni SMAN 1 Tinsel dan SMKN 1 Kasimbar.

Kata Sakimin, ini bukan hal yang mudah mendapatkan Kepercayaan karena banyak hal yang menjadi Penilaian keberhasilan, baik di dalam maupun di luar, sehingga bisa menjadi motivasi bagi Sekolah-Sekolah yang lain.

Penilaian Kinerja Periodik Kepala Sekolah (PKPKS) harus di sesuaikan dengan beberapa Dimensi Tugas Pokok Kepala Sekolah, yakni Dimensi Tugas Utama Manajerial dan Supervisi yang secara nyata harus senantiasa dipenuhi oleh Kepala Sekolah.

“Satu-satunya alat untuk mengukur kemampuan Kepala Sekolah, harus dilakukan Penilaian Kinerja dengan menyusun Perangkat Instrumen untuk mengidentifikasi Data Unjuk Kerja Kepala Sekolah” ujarnya.

Ada pun yang di libatkan dalam Penilaian itu diantaranya, Pihak Dinas, Komite Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru, Orang Tua Siswa, dan Para Siswa, yang nantinya akan memberikan penilaian terhadap Kinerja Kepala Sekolah…di lingkup Sekolah tersebut.

Ketua Tim Penilai/ Assesor I Ketut Sudiarsa, SPd MPd dalam penjelasannya mengatakan, Penilaian Kinerja Periodik Kepala Sekolah adalah merupakan Implementasi dari Amanat Undang-Undang, tujuannya untuk pengembangan Keprofesian berkelanjutan dan Pengembangan Karier Kepala Sekolah.

“Melalui Proses penilaian ini dapat mendorong Kinerja Kepala Sekolah menjadi lebih baik, sehingga mampu bersaing dikanca yang lebih tinggi.

Ada pun cara penilaiannya kata dia, melalui pengisian Perangkat Instrumen, yang melibatkan pihak Dinas, Wakil Kepsek, Komite, Dewan Guru, Orang Tua Siswa dan Para Siswa, sehingga betul-betul bersifat obyektif.

Kepsek SMAN 1 Tinsel Busar Bina, SH.MPd menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih atas Kepercayaan bagi Sekolah kami untuk mengikuti Penilaian Kinerja Periodik Kepala Sekolah Tingkat Provinsi.

“Mudah-mudahan dengan Penilaian ini akan memberikan Peningkatan serta Pengetahuan dirinya sebagai Pimpinan dalam mewujudkan Visi dan Misi di SMAN 1 Tinsel” kata Busar.

Wartawan : Syarifuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here