Tim Pengabdi UNTAD Melakukan Pesemaian Pala Untuk Pemberdayaan Kelompok Tani di Kasimbar Barat

0
45

Laporan khusus : Sumardin (Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Kelompok Tani di Wilayah Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng) saat ini mendapat ilmu dari Tim Pengabdi Universitas Tadulako (UNTAD) dalam usaha pesemaian Pala.

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di desa Kasimbar Barat Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong kepada kelompok tani pala, dengan mengikuti SOP protokol kesehatan covid-19.

 

Kepada media ini, salah seorang tim pengabdi UNTAD Dr.Adrianton, SP. MP. menjelaskan, bahwa tujuan penyuluhan ini adalah membantu program pemerintah dalam penyediaan benih bermutu dan menjadikan Kelompok Tani Pala Mekar sebagai kelompok percontohan penangkar benih pala, serta sebagai desa penghasil benih pala.

“Untuk permasalahan utama yang dihadapi petani yaitu terbatasnya ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi pesemaian benih bagi petani pala” kata Dr. Adrianton, S.P., M.P., di dampingi tim pengabdi lainnya (Ir. Rizal Y Tantu, M.Si dan Yusran, SP., M.Sc) yang ditemui di desa Kasimbar Barat.

Dia menambahkan, selain itu tujuan pelatihan ini yaitu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Petani Pala dalam teknologi pesemaian.

Sedangkan target yang ingin dicapai dalam penyuluhan ini adalah agar petani pemula dapat mengaplikasikan hasil penelitian perbenihan tanaman pala serta dapat memanfaatkan kearifan lokal dan potensi kelompok tani sebagai penangkar benih Pala yang berujung pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Peserta pelatihan yang diikuti oleh kelompok tani pala di desa Kasimbar Barat nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dimaksud, yang dilanjutkan dengan demonstrasi pada demplot percobaan.

Selain itu juga dilakukan pendampingan pada kelompok tani tersebut dalam mengikuti tahap-tahap pra tanam, pesemaian, sampai pada benih pala tersebut menjadi bibit yang siap tanam, jelasnya.

Apa pendapat para kelompok tani Pala setelah menerima ilmu dari Tim Pengabdi UNTAD ? Ketua Kelompok Tani Ir. I Wayan Susila berharap agar kegiatan pemberdayaan yang didapatkan akan menjadi bekal dalam pengembangan tanaman pala, khususnya untuk petani di Desa Kasimbar Barat dengan skala agar kegiatannya rutin dilaksanakan.

” Dengan sulitnya benih pala berkecambah serta memerlukan waktu yang cukup lama, menjadikan tanaman pala memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan. Untuk itu teknologi pesemaian dan perlakuan pra tanam dapat mengatasi masalah yang dihadapi petani pala di desa Kasimbar Barat, mengingat desa kami mempunyai potensi yang besar dalam pengembangan tanaman pala” urainya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here