Tingkatkan PAD, Bapenda Serahkan DHKP SPPT PBB Ke Desa-Desa

0
190

PARIMO | matarakyatindo.com – Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Badan pendapatan daerah (Bapenda) Kabupaten Parigi Moutong terus melakukan kejar target pajak dari Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sebagai kontribusi total target pajak daerah, karena nilai pajak sebagai kedua terbesar setelah pajak penerangan lampu jalan umum (PJU)

Demikian pernyataan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melalui Kepala Bidang Pendaftaran & Penetapan Pendapatan Daerah, Muh Zubaer ST, Belum lama ini, sebelum menyerahkan Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2) 2020 kepada desa.

“Kami akan bentuk Tim pendistribusian ke Kecamatan dan desa / kelurahan” ujarnya.

Bapenda juga akan membentuk Tim pendistribusian DHKP SPPT PBB-P2, serta akan menyerahkan dokumen penagihan pajak ke desa dan kelurahan.

“Yang nantinya kontribusi pajak ini menuntut kepada kita semua selaku warga Negara taat pada pajak untuk memaksimalkan penatausahaan dan piutang PBB-P2” terangnya.

Zubaer katakan, pelayanan adalah kunci utama, dengan memberikan pelayanan prima dan menjadi teladan bagi masyarakat untuk selalu membayar pajak penghasilan serta pajak bumi dan bangunan tepat waktu, jelasnya.

Dia menambahkan, sejak pengelolaan PBB-P2 di tahun-tahun sebelumnya, sistim pengelolaannya setiap tahun belum maksimal. Hal tersebut dapat dibuktikan dari realisasi penerimaan PBB-P2 pada akhir tahun, dimana pencapaian realisasi dan target pajak ada kenaikan pada tahun 2019 lalu, tutur Zubaer.

Dirinya memberikan apresiasi kepada masyarakat, sebagai garda terdepan suksesnya realisasi PBB-P2 sebagai pembayar PBB-P2 untuk kenaikan PAD APBD Parigi Moutong.

“Kami berharap, dengan pendekatan persuasif penagihan pajak pada masyarakat dapat meningkatkan PAD Parimo di tahun 2020” pungkasnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here