TRAINING PERMUSYAWARATAN DESA OLEH FK-BPD, INI TUJUANNYA.!!

0
357

Parimo – matarakyatindo.com Untuk memahami dan mampu mengimplementasikan maksud dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD. Maka  para ketua BPD yang tergabung dalam Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK-BPD) Kecamatan Tomini, melakukan Training Permusyawaratan Desa. Kegiatan ini di laksanakan di Desa Supilopong, Sabtu (02/02/2019)

Dalam mengawal pelaksanaan kegiatan training, FK-BPD menggandeng Pendamping Desa Kecamatan Tomini, Rozhan Wilanda untuk menjadi instruktur kegiatan guna mencapai output kegiatan agar menghasilkan dan dapat mengawal rekomendasi yang dirumuskan bersama pasca training.

Penguatan dalam training, juga di isi oleh Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA-PP) Kabupaten Parigi Moutong, Rifai Lamasana untuk memberi penguatan tentang fungsi dan tugas BPD, bagaimana strategi menggali aspirasi masyarakat, dan bentuk pengawasan terhadap kinerja kepala desa.

Selanjutnya diisi oleh Tenaga Ahli Madya Pengaduan dan Penanganan Masalah (TAM-PPM) Provinsi Sulawesi Tengah untuk memberikan konsep dan metode dalam menyelenggarakan Musyawarah desa serta tehnik dan kaidah dalam penyusunan peraturan di desa.

Selain itu forum juga mengundang pihak Kapolres Parigi Moutong, yang diwakili oleh Kasat Bimas, Bapak Aris untuk bisa memberikan pemahaman kepada BPD bentuk kerja sama dengan Bhabinkamtibmas dalam hal pencegahan, pengaduan, dan penanganan masalah pengelolaan dana desa.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pemerintah kecamatan Tomini yang diwakili oleh bapak Abdul Hapid. Peserta terdiri dari seluruh unsur keanggotaan BPD se kecamatan Tomini. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Februari 2019 di kantor UPTD Penyuluhan Pertanian di desa Supilopong.

Acara ditutup, dengan beberapa hasil rekomendasi yang ditujukan kepada Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong, Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong, Kapolsek Tomini, Koramil 1306-10/Tomini, Camat Tomini, Kepala Desa se Kecamatan Tomini, dan tugas kelembagaan BPD sendiri, yang semuanya akan direncanakan pada tahun 2019.

Reporter : Yunus

Email Redaksi : media@matarakyatindo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here