Upaya Ketua KT Parimo Membentuk Karang Taruna Hingga Ketingkat Desa Akan Terealisasi

0
305

Foto : Ketua Karang Taruna Kabupaten Ariesto SPd MAP (F-doc)

PARIMO | matarakyatindo.com – Ketua Karang Taruna Kabupaten Parigi Moutong Ariesto SPd MAP melakukan kunjungan pertama di Karang Taruna Pakabelo di Kecamatan Tinombo Selatan belum lama ini.

Kepada media ini, Rabu (16/6/2021) Ariesto, keberadaan karang taruna yang ada di tingkat kecamatan hingga ketingkat desa berfungsi untuk pembinaan dan fungsi koordinasi.

“Terkait pembinaan karang taruna itu sangat jelas, karang taruna masuk dalam bagian Lembaga Kemasyarakatan Desa yang diatur dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, ke depan karang taruna akan membangun sinergitas dengan kepala desa.

“Karena program kami di karang taruna kabupaten adalah bagaimana mengedepankan pertumbuhan ekonomi masyarakat, potensi-potensi yang bisa di kembangkan, akan kita kerjasamakan dan gagas dengan pemerintah desa,” katanya.

Ia juga berharap dalam hal pembangunan desa sebisa mungkin karang taruna desa dilibatkan di dalamnya, sesuai yang diatur dalam permendagri nomor 5 tahun 2007.

Ariesto menambahkan, untuk progres Karangtaruna di seluruh desa se-Kabupaten Parigi Moutong dalam melakukan pembentukannya dilakukan secara bay pas, artinya dilakukan sesuai kerja…kerja…kerja karang taruna tingkat nasional.

“Saat ini pembentukan karang taruna ditingkat desa akan dilakukan sebanyak 287 desa dan baru 32 desa yang terverifikasi di Dinsos yang memiliki bukti SK kepala desa” ujarnya.

Rencana selanjutnya, pengurusan Karang Taruna akan dilakukan sampai bulan Desember 2021. Hal ini dimaksudkan untuk mengejar kuota pembentukan karang taruna seluruhnya tingkat kabupaten melalui misinya, kerja….kerja…kerja melalui pembentukan, perbaikan data best, lalu dilakukan pengukuhan setelah dilakukan evaluasi.

Dia menambahkan, alasan pendiriannya sudah dilengkapi yaitu Daftar Kelembagaan (DK) untuk kepengurusan yang baru dari Bupati sebagai penguatan Surat Keputusan, penyediaan NPWP sebagai penguatan, rekening kelembagaan serta tanda daftar organisasi dari Kesbangpol sebagai penguatan organisasi yang jelas, pungkasnya. (**)

Penulis : Pde / Deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here