Update Corona di Sulut : 8 Positif, 20 PDP, 306 ODP

0
161

Sulut – matarakyatindo.com Pertambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau biasa disingkat COVID-19 di Sulawesi Utara (Sulut), untuk kali pertamanya melebihi dua kasus dalam sehari. Selasa (7/4) kemarin, ada tiga kasus terkonfirmasi.

Bertambahnya tiga kasus ini membuat secara akumulatif jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi delapan orang, dengan rincian satu orang sembuh dan 6 orang lainnya sementara dirawat. Sementara, satu orang lainnya adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang telah meninggal beberapa hari sebelum hasil uji laboratoriumnya ke luar.

Ketambahan tiga orang pasien positif ini menjadi tanda awas, karena ketiga pasien ini sama sekali tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, atau hanya terjangkit secara lokal.

Tak hanya pasien positif yang bertambah, PDP di Sulawesi Utara juga mengalami peningkatan menjadi 20 kasus, dengan rincian 14 dirawat di RSUP Prof Kandou, Manado, 3 orang di RSU Wolter Mongisidi, Manado, dan masing-masing satu pasien di RSU Talaud, RSU Pobundayan Kotamobagu serta RSU Samratulangi di Minahasa.

Sementara itu, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sulawesi Utara mengalami penurunan jumlah kasus dari 334 orang menjadi 306 orang.
Juru Bicara Satgas COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel menjelaskan, penurunan drastis juga terjadi pada pelaku perjalanan yang masuk ke Bandar Udara Sam Ratulangi.
Dikatakannya, jika biasanya ada 1.000an orang setiap harinya yang ternotifikasi sebagai pelaku perjalanan dari daerah-daerah transmisi lokal, untuk data Senin (6/4) tinggal 387 orang yang ternotifikasi.
“Untuk saat ini, Kota Manado di Sulawesi Utara telah menjadi daerah transmisi lokal. Mari kita saling mengingatkan bagaimana cara kita untuk menghindari dan menekan angka penyebaran virus ini,” tutur Dandel.

Sumber : Kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here