Viral di Medsos, Jembatan Tiga Bolano Lambunu Jadi Perhatian Pemda, Warga Diminta Bersabar

0
219
Wartawan : Deni Renaldi / Editor : Pde

PARIMO | matarakyatindo.com – Jembatan Cabang Tiga Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong akhirnya direhabilitasi pihak Dinas PUPRP Parimo setelah selama dua pekan jadi trending topik yang diunggah salah seorang warga di medsos karena lintasan dasarnya hanya pakai kayu tidak berkualitas.

Postingan warga soal jembatan cabang tiga Bolano Lambunu

Pantauan media ini, nampak terlihat pihak Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong melalui Bidang Bina Marga telah melaksanakan pekerjaan rehabilitasi jembatan, Minggu (29/11/2020) menggunakan kayu berkualitas yang dianggarkan melalui dana Anggaran Belanja Tambahan (ABT)
tahun 2020.

“Lantai jembatan berbahan kayu yang membentang sepanjang 62 meter itu akan digantikan dengan kayu yang lebih berkualitas agar bisa bertahan sampai sembilan bulan, tergantung bahan kayu yang digunakan” sebut Rivai ST selaku PLT Kadis PUPRP.

Menurutnya, pergantian lantai dasar tersebut dilakukan untuk memudahkan lintasan kendaraan yang lalu-lalang, karena lantai dasar sebelumnya menggunakan batang kelapa yang dinilai hanya bertahan hingga dua atau tiga bulan ke depan akibat terkena sinar matahari dan hujan serta padatnya kendaraan yang melintas.

“Memang sudah sewajarnya cepat rusak sehingga perlu di lakukan rehabilitasi untuk diganti lantainya yang sudah rusak dengan menggunakan kayu berkualitas” kata Rivai.

Pergantian lantai kayu berkualitas di jembatan cabang tiga, lanjut Rivai merupakan solusi jangka pendek, menunggu proses rencana jangka panjang untuk pembuatan pembangunan jembatan baru secara permanen. Dan ini juga akan menelan biaya besar dengan perencanaan sesuai kontruksi jembatan, ungkapnya.

Rivai menyebut, menggunakan kayu apapun, paling tidak usianya hanya hitungan bulan saja dan akan rusak kembali. Maka dari itu solusi jangka panjang tetap harus dilakukan untuk
pembangunan jembatan yang baru agar tidak ada lagi keluhan masyarakat terhadap kondisi lantai yang sering rusak dan mengancam keselamatan pengendara yang melintas, terang Rivai.

Saat ini kata dia, Dinas PUPRP Parigi Moutong telah melakukan sejumlah proses perencanaan terkait rencana pembangunan baru jembatan cabang tiga dan perencanaan pembebasan lahan sambil menunggu anggaran fisiknya yang diusulkan melalui dana APBN, pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here