Wabup Bersama Forkopimda Tinjau Lokasi Banjir Desa Bambalemo

0
53

PARIMO | matarakyatindo.com – Hujan yang mengguyur Kota Parigi Senin malam 7 september 2020 mengakibatkan dua Desa di wilayah Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong terdampak banjir, yaitu Desa Bambalemo Dusun I dan Dusun II, Desa Olaya Dusun I dan Dusun IV Kecamatan Parigi.

Berdasarkan data dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong, dilaporkan sementara ada 51 KK terdampak banjir, 41 KK warga Dusun II mengungsi di Lokasi Mesjid, dan Gedung Alkhairaat Desa Bambalemo dan 5 KK warga Dusun I mengungsi di rumah keluarga terdekat.

Tak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Namun banjir, menyebabkan kerugian materil dan juga merusak sejumlah rumah warga dan fasilitas umum.

Dengan kejadian ini, Wakil Bupati Badrun Nggai, SE bersama Forkopimda, Kapolres Parigi Moutong AKBP. Andi Batara Purwacaraka, SH.SIK, Kajari Parigi Moutong Mohammad Fahrorozi, SH.MH, didampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial dan Camat Parigi melakukan peninjauan untuk melihat langsung dampak banjir yang terjadi di Desa Bambalemo Kecamatan Parigi, Selasa, 08 September 2020.

Dampak banjir yang ditinjau Wakil Bupati bersama Forkopimda yaitu material kayu akibat banjir, kondisi rumah warga yang masi terendam lumpur dan jalan yang putus di Dusun II Desa Bambalemo.

Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam kesempatan itu memberikan bantuan logistik pada warga yang terdampak banjir di Desa Bambalemo. Bantuan logistik tersebut diserahkan langsung Wabup Parigi Moutong Badrun Nggai, SE kepada 51 KK yang terdampak banjir.

Badrun Nggai SE saat menyerahkan bantuan, meminta kepada warga yang terkena musibah banjir untuk tetap bersabar dan tenang dalam menghadapi cobaan ini.

“Bantuan yang kami serahkan kepada warga yang terkena musibah banjir ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam upaya penangganan bencana alam di Kabupaten Parigi Moutong.” Tutur Badrun Nggai Wabup Parigi Moutong.

Untuk BPBD, dalam kesempatan itu, Wabup memerintahkan untuk segera membuat SK tanggap darurat dan ditandatangani Bupati Parigi Moutong terkait kegiatan melakukan pembersihan terhadap material kayu dan normalisasi terhadap pendangkalan di alur sungai bambalemo.

Bagi rumah warga yang terendam lumpur dan material banjir, BPBD agar membantu warga melakukan pembersihan baik dalam rumah maupun di luar rumah agar warga yang mengungsi bisa pulang ke rumahnya masing-masing, Harap Badrun Nggai.

HUMAS PEMDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here