Waktu Pengembalian Kerugian Dana Desa Tahun Anggaran 2018 Desa Kayu Jati Sudah Berakhir

0
670

Parigi Moutong, Ongka Malino -Matarakyatindo.com Sebagai mana yang tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Khusus Dugaan Penyimpangan Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa tahun anggaran 2018 Desa Kayu Jati Kecamatan Ongka Malino oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong menjelaskan bahwa :

1. Menginstruksikan kepada Plt Kepala Desa Kayu Jati agar memerintahkan kepada Bendahara agar segera mempertanggungjawabkan ADD sebesar Rp.17.738,273,00 dan DD sebesar Rp.3.901,400,00 paling lambat tanggal 11 Juli 2019 dan bukti pertanggungjawaban tersebut disampaikan ke Inspektorat Daerah Kabupateng Parigi Moutong.

2. Menginstruksikan kepada Camat Ongka Malino dan Plt Kepala Desa Kayu Jati agar membentuk tim untuk menagih kembali penggunaan DD yang tidak sesuai peruntukan Sebesar Rp.292,220,000,00. Khusus pinjaman Almarhum Kepala Desa agar dimediasi dengan ahli waris dan hasilnya disetorkan ke rekening Desa Kayu Jati paling lambat tanggal 11 Juli 2019 dan bukti Setoran tersebut disampaikan ke Inspektorat Daerah Kabupateng Parigi Moutong.

3. Menginstruksikan kepada Plt Kepala Desa Kayu Jati agar memerintahkan kepada bendahara agar segera menyetorkan sisa anggarn APBDes yang tidak dilaksanakan sebesar Rp.42,000,026,00. Ke rekening Desa Kayu Jati paling lambat tanggal 11 Juli 2019 dan bukti setoran tersebut disampaikan ke Inspektorat Daerah Kabupateng Parigi Moutong.

Camat Ongka Malino Asmadi SH. ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa bendahara telah berangkat keparigi (11/07/2019)

“Kalau tidak salah, Rasid sudah berangkat kemarin ke Parigi, dia Telpon saya, mungkin sudah disetorkan langsung kesana, ke Inspektorat, saya bilang juga hati-hati le pak Rasid karna ini sudah tanggal 11 ini le” Ucap Asmadi.

Sementara itu Suriono Manoppo selaku tokoh masyarakat di Desa Kayu Jati Berharap Agar Aparat penegak Hukum dapat bertindak tegas kepada para Terduga pelaku Korupsi Dana Desa.

“Kami sebagai masyarakat berharap agar aparat penegak hukum dapat bertindak tegas kepada mereka yang suka menggrogoti dana desa, Sebagai mana yang telah diamanatkan dalam UU NO 31 Tahun 1999 Sebagaiman telah diubah dalam UU NO 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi” Tutup Suriono.

Reporter : Nasar Pakaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here