Waoow… Desa Ambesia Barat Bakal Punya Gedung PAUD Baru

0
827
Foto Bersama Sekcam Tomini, Korwil Disdikbud Kec. Tomini, Penilik Paud Kecamatan Tomini, Kepala Desa dan Aparat Desa beserta Tenaga Pendidik Sekolah Paud Al-Ikhlas bersama para siswa Paud Desa Ambesia Barat (Foto : Yunus)

Parimo – matarakyatindo.com Desa Ambesia Barat sejak dibawah kepemimpinan Kepala Desa Atim Daepatompo mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kepala Desa dengan tampilan yang sederhana itu didukung dengan staf dan perangkatnya yang punya kompetensi memadai. Tanpa halangan yang berarti mampu eksekusi setiap persoalan di desanya.

Dengan pembangunan infrastruktur tertangani dengan baik dan tanpa masalah. Hari ini Senin 22/07/2019 memanfaatkan sebagian dari Anggaran Dana Desa (DD) yang diterimanya. Untuk mendirikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yang mana kabarnya PAUD berikut dengan sebutan Gedung PAUD Al – Ikhlas, adalah dibawah Binaan Penilik Paud Kecamatan Tomini, Azhar, S.Pd.

Suasana kegembiraan pun tercipta, di Lokasi Pembangunan ramai dengan kehadiran Warga dan puluhan orang tua wali siswa. Yaitu dalam rangka menyaksikan  acara peletakan batu pertama pembangunan gedung PAUD di Ambesia Barat.

Sekcam Tomini H. Ashar, S.Pd saat meletakkan batu pertama pembangunan Sekolah Paud Al-Ikhlas Desa Ambesia Barat (Foto : Yunus)

Sekilas Informasi bahwa terealisasinya pelaksanaan Pembangunan gedung PAUD tersebut hasil Musyawarah tingkat dusun (tilik dusun). Kemudian dibawa ke Musrenbangdes dan terkawal dengan baik sampai terwujudnya Pembangunan tersebut dengan Anggaran Rp.117.221.000,-

“Untuk di Desa kami Pembangunan dibagi secara merata ke sebanyak 5 Dusun yang ada di Desa Ambesia Barat dan semua itu untuk dapat merealisasikan sudah barang tentu melalui Musyawarah tingkat Dusun dan Musyawarah tingkat Desa, dan alhamdulillah terealisasi anggaran senilai Rp. 117 Juta lebih untuk Gedung PAUD ini, ” terangnya di saat acara peletakan batu .

Dengan antusias dan merasa bangga, peletakan batu pertama oleh Sekcam Tomini, H. Ashar, S.Pd, diikuti oleh Kepala Korwil Disdikbud Kecamatan Tomini, Darmadi, S.Pd, dan diakhiri oleh Penilik Paud Kecamatan Tomini, Arsyad,

Kepala Desa Ambesia Barat, Atim Daepatompo, dan beberapa jajaran dari pemerintah Kecamatan Tomini dan didampingi Kepala Sekolah Paud, Aparat BPD, Perangkat dan staf Desa Ambesia Barat juga turut mendapingi kegiatan peletakan batu pertama tersebut.

Pada kesempatan itu, Atim selaku Kepala Desa Ambesia Barat mengatakan membangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan komitmennya dalam membangun sumber daya manusia.

Menurutnya, membangun PAUD merupakan tanggung jawab kepada generasi untuk penguatan karakter.

Dengan tercapai target tersebut, Kepala Desa akan berfokus kepada kualitas tenaga pengajar PAUD, yang bukan hanya membangun karakter tapi juga intelektual.

“Itu yang penting, guru PAUD harus mengembangkan sikap dan perilaku positif. Selama mengikuti petunjuk dan pelaksana PAUD, pasti benar,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika karakter anak tidak diisi, anak yang pintar tidak terkendali. “Sebab kedepannya anak-anak akan menghadapi persaingan yang lebih ketat beberapa tahun kedepan. Inilah pentingnya penguatan karakter untuk anak usia dini,” tegasnya.

Sementara itu Sekcam Tomini, H. Ashar, S.Pd mengatakan bahwa dirinya berharap kiranya guru-guru bisa memanfaatkan dengan benar sarana & prasarana nantinya setelah pembangunan paud.

“Kita bersyukur dengan kepemimpinan Kepala Desa saat ini, bisa dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan sekolah Paud untuk pertama kalinya di Desa Ambesia Barat” Ujar Sekcam Tomini.

Korwil Disdikbud Kecamatan Tomini Darmadi, S.Pd saat meletakkan batu pertama pembangunan Sekolah Paud Al-Ikhlas Desa Ambesia Barat (Foto : Yunus)

Selanjutnya Korwil Disdikbud Kecamatan Tomini, Darmadi, S.Pd menyampaikan dengan adanya pembangunan sarana pendidikan Paud ini bisa meningkakatkan kualitas pendidikan di Desa Ambesia Barat Khususnya dan Kecamatan Tomini pada Umumnya.

“Fasilitas Sekolah Paud yang akan dibangun harus bisa berguna bagi masyarakat sekitar khusus anak-anak untuk mendapatkan pendidikan mulai dari usia dini,” katanya.

Koordinator Wilayah UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tomini, Darmadi, S.Pd kembali menambahkan bahwa pihaknya senang dan bangga dengan keberadaan PAUD di Ambesia Barat ini.

“Tentunya kami sangat bangga dengan kehadiran sekolah ini, ini bentuk kepedulian dari Pemerintah Desa dalam mendukung Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan Sekolah Paud di Kecamatan Tomini” Pungkasnya

Reporter : Yunus

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here