Warga Desa Sidoan Barat ‘Geruduk’ Kantor Inspektorat Parimo, Ada Apa Gerangan ?

1
2043

PARIMO | matarakyatindo.com – Gabungan masyarakat peduli anti korupsi desa Sidoan Barat Kecamatan Sidoan pagi tadi mendatangi kantor Inspektorat, Kamis (30 /01/2020), untuk meminta kejelasan hasil auditor atas temuan dugaan penyalahgunaan dana desa (DD) desa Sidoan Barat TA 2018 lalu, dengan menyuarakan kekesalan mereka dihadapan pejabat inspektorat.

Aksi demo masyarakat ini mempertanyakan hasil audit pihak inspektorat terkait dugaan masyarakat terhadap kinerja kepala desa sidoan barat (ishak H lasapa) yang diduga menyelewengkan dana desa tahun 2018 lalu, serta pekerjaan visik tak sesuai juknis dan bestek.

Hal ini membuat masyarakat geram dengan pemerintahan kades Sidoan Barat, terlihat dari teriakan masyarakat, sejak dilakukan hearing DPRD bulan lalu, dimana masyarakat menuntut agar kepala desa di berhentikan sementara.

Bahkan dalam aksi, mereka menuntut pihak Tipikor Polres Parimo dan aparat penegak hukum lainnya diminta segera menetapkan kepala desa sidoan barat sebagai tersangka dalam dugaan penyelewengan dana desa.

Salah satu LSM di Parimo dengan jubirnya Mohammad Taher sebagai perwakilan masyarakat sidoan barat dalam pernyataan sikap meminta kepada pihak inspektorat menyerahkan hasil laporan pemeriksaan (LHP), kepada APH untuk proses penyidikan dugaan penyalahgunaan dana desa sidoan barat.

“Kami meminta kepada Camat Sidoan Barat bersama Bupati Parigi Moutong tidak mengintervensi jalannya proses penyelidikan. Ujarnya.

“Kata, Taher bila pernyataan sikap kami tidak diindahkan oleh pihak pihak atau lembaga lain, maka kami akan melayangkan surat resmi kepada presiden RI, KPK kompolnas, kejagung, mabes polri, kemendes dan Mendagri, Tambahnya.

Menanggapi pernyataan sikap ini, sekertaris inspektorat A M Tandju, menegaskan hasil dari audit dan perhitungan auditor yang menyebabkan kerugian negara atau perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh kepala desa sidoan barat, masih dalam proses lidik Tim auditor,

“kami meminta kepada masyarakat untuk sabar menunggu hasil audit adanya temuan kerugian negara,” ungkapnya.

Reporter : Deni

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here