Warga Desa Tirta Nagaya Pasca 8 Orang Terkonfirmasi Covid-19 Kini Mulai Ikuti Anjuran Protokol Kesehatan

0
146

PARIMO | matarakyatindo.com – Pasca Delapan orang warga desa Tirta Nagaya Kecamatan Bolano Lambunu Parigi Moutong terkonfirmasi Covid-19, akhirnya mulai ‘sadar’ jika penyakit mematikan itu sangat membahayakan.

Namun sebelumnya pihak pemerintah desa selalu memperingatkan terkait penggunaan protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun pakai air mengalir, namun keyakinan keselamatan selalu diacuhkan.

Akibatnya, dari 20 orang warga desa yang dilakukan tes Swab oleh tim gugus Covid-19 menyatakan delapan orang terkonfirmasi Korona (positif).
Demikian pernyataan Kepala Desa Tirta Nagaya Muh Munif A. MA. Pada matarakyatindo.com, Senin (23/11/2020).

Kini saatnya warga desa Tirta Nagaya mulai sadar akan penggunaan masker.setiap ingin luar rumah. Tapi saat virus mematikan ini sudah menyandra delapan warganya, ternyata kesadaran mereka mulai ada.

Padahal himbauan pemerintah desa sebelum virus itu menyentuh warganya, pihak pemerintah desa selalu menghimbau melalui pengeras suara di setiap masjid untuk mentaati himbauan pemerintah soal protokol kesehatan.

“Nyatanya himbauan itu tak juga dihiraukan warga, sehingga ada 8 orang yang di kabarkan terpapar covid 19 oleh tim Satgas Covid-19 Kabupaten, Dua diantaranya sudah dinyatakan sembuh (negatif)” terang Kades.

Kades menambahkan, setelah warganya ada yang positif Korona, kini sudah tidak ada lagi yang melakukan perjalanan keluar desa melakukan perjalanan jauh atau masuk.

Alhamdulillah ada sepasang pasutri yang di kabarkan sudah dinyatakan sembuh. Tapi ini kedua pasutri tersebut sebelumnya memiliki riwayat penyakit bawaan TBC dan Asma” urai Kades Tirta Nagaya.

Pihak pemerintah desa Tirta Nagaya terus bergerak untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus mematikan ini. Berdasarkan data terbaru, warga desanya saat ini ada enam orang yang masih menjalani karantina oleh Satgas Covid, ungkap Muh. Munir.

Dirinya menegaskan, selama masa isolasi mandiri pihaknya yang akan menanggung semua kebutuhan warganya yang sedang menjalani karantina.

“Kami juga berharap pihak kesehatan khususnya satgas covid 19 juga bisa memberikan vitamin dan pengobatan lainnya kepada mereka agar virus tidak menyebar ke warga lainnya” pintanya.

Pantauan matarakyatindo.com, situasi desa Tirta Nagaya Kecamatan Bolano Lambunu, pasca 6 orang yang di nyatakan terkonfirmasi covid-19 mulai waspada demi untuk memutuskan mata rantai penyakit mematikan itu. (**)

Wartawan : Deni Renaldi / Editor : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here