Waspada Covid-19…! Ada ‘Kapal Asing’ Pengangkut Alat Berat Bersandar di Dermaga Moutong Barat

0
1304

PARIMO | matarakyatindo.com – Sinyalemen adanya kapal asing mengangkut alat berat di dermaga pelabuhan Moutong Barat akhirnya menjadi Viral di Medsos akhir-akhir ini.

Pasalnya, saat pemerintah daerah mengunci jalur darat untuk mencegah pandemi covid-19, ternyata ada kapal pengangkut alat berat jenis excavator dengan leluasa bersandar di pelabuhan Moutong barat.

Para nitizen yang melihat di Medsos justru kaget dengan melontarkan beragam komentar, salah satunya yaitu mempertanyakan kenapa kapal tersebut bisa masuk ? berdasarkan postingan akun Facebook milik Astika Dormas Mohammad yang sudah 309 kali dibagikan dan 326 komentar.

Hasil telusur media matarakyatindo.com, ternyata warga sekitar Moutong yang mengetahui adanya kapal asal Nabire bersandar di pelabuhan Moutong barat membuat mereka geram dan beragam tanggapan miris ditengah pandemi covid-19.

Seperti dikutip laman Facebook Astika Dormas Mohammad, “Salam dari kami yang kalian wakili Para Wakil Rakyat Parigi Moutong khususnya dapil Empat, para pemangku kebijakan dikecamatan Moutong Khususnya, Apa tujuan Kapal Asing yang masuk berlabu dipelabuhan moutong dengan membawa Alat berat, bukankah sekarang Lagi ketat ketatnya Sosial Distancing dan PSBB,,, Mengapa diizinkan masuk diwilayah moutong,,, Dimana Hati Nurani kalian,, Salam dari kami yang kalian wakili”

Diketahui kapal asal Nabire Papua yang yang mengangkut 8 alat berat milik PT Kemilau Nusantara Katulistiwa (KNK), yang akan di angkut ke desa lobu untuk mengelola tambang emas terbesar di Parimo.

Hal ini di benarkan kepala Syahbandar pelabuhan Moutong. Kata dia ada delapan buah excavator, 1 unit mobil pribadi Honda CRV, 1 unit mobil Doble cabin Triton dan 1 motor Honda Vario dan 3 unit akan di turunkan ke tanjung Priuk.

“ya memang ada kapal asal Nabire bersandar di pelabuhan Moutong, memuat alat berat milik KNK, kapal tersebut sejak tanggal 8 Mei berangkat dari Nabire menuju Moutong untuk mengantarkan alat berat sampai di pelabuhan Moutong Barat” ujarnya.

Jufri menampik jika bersandarnya kapal memuat alat berat adalah bukan kapal asing, seperti yang ada di akun Facebook, yang ada kapal asal dalam negeri, jika yang beredar di medsos itu kapal asing tidak benar, Jufri menambahkan kapal yang bernama sumber sejahtera abadi 77, memang tujuannya ke Moutong dari Nabire Papua, namun semuanya sudah sesuai standar pelayaran dan protokol gugus covid-19 Nabire, ungkapnya.

Lanjutnya, seharusnya kapal tersebut berangkat dari bulan pebruari lalu, namun adanya pandemik maka keberangkatan tertunda, nanti tanggal 8 Mei baru berangkat, sesuai karantina kesehatan pelabuhan Nabire, setelah semua steril barulah di terbitkan izin berlayar, dan keselamatan pelayaran kapal. Tambahnya.

Setiba di pelabuhan Moutong semua ABK kapal di karantina, dan di juga di hadiri Tim Gugus Covid 19 kesehatan Moutong, TNI dan Polri, dan pemerintah desa setempat, bahkan sebelum menurunkan alat kami Syahbandar selaku teknis pelayaran memeriksa kelengkapan kapal dan surat berlayar, setelah semua kami periksa dan terpenuhi barulah di ijinkan.

Setelah itu kami berkoordinasi dengan Tim Gugus covid 19 daerah untuk menyampaikan sesuai standar pelayaran dan surat keterangan karantina kesehatan pelabuhan, semua di semprot Disfektan agar steril, ini dimaksudkan agar sesuai protokoler kesehatan.kami juga sudah berkoordinasi dengan Gugus tugas covid 19 daerah, urainya.

Kami Syahbandar tidak punya kewenangan untuk menahan atau melarang kapal berlayar jika sudah terpenuhi semua persyaratan pelayaran, sesuai UU pelayaran yang berlaku, bila ada pihak ketiga yang melarang ya silahkan, tetapi harus terima konsekwensinya bila dikomplain balik. Ungkapnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here