Zainal Daud : Orientasi Sebagai Penguatan Fungsi Anggota Legislatif

0
368
JAKARTA | matarakyatindo.com – Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2019-2024 mengikuti kegiatan orientasi bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Tahun 2019 di Gedung Auditorium, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) RI selama tiga hari kamis (31/10) hingga  Sabtu (2/11) mendatang.
Saat dihubungi via telepon, Kamis malam (31/10) Anggota DPRD Sulteng Drs.H.Zainal M Daud membenarkan kalau saat ini dirinya bersama pimpinan dan anggota DPRD Sulteng sedang mengikuti kegiatan orientasi tersebut.
Dikatakannya, ada tiga hal yang menjadi pokok materi dalam kegiatan orientasi tersebut,  Pertama;mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah. Kedua; meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI. Ketiga; meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan Kebangsaan.
Selain itu, kata Zainal Daud, materi orientasi bagi anggota DPRD Provinsi yang baru saja dilantik ini,  juga nantinya akan mencakup pemahaman mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan NKRI.
“Ada juga materi  yang sangat penting terutama terkait  internalisasi integritas, sistem pemerintahan indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah, pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah serta isu-isu aktual lain,” ungkap Politisi PKB.
Menurut Zainal, kegiatan orientasi ini sangat penting, terutama dalam hal untuk memperkuat fungsi kelembagaan DPRD.
“Tentu saja output kegiatan orientasi ini,  akan lebih memperkuat fungsi kelembagaan DPRD. Dan akan lebih  mendorong setiap anggota DPRD untuk lebih berperan aktif dalam perumusan kebijakan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah,” jelas Zainal yang juga Dewan Pembina FPII Sulteng itu.
Ditambahkannya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam acara orientasi dapat diterapkan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat. “Tujuannya agar amanat yang diberikan oleh rakyat dapat dipertanggunjawabkan sebagaimana yang diharapkan,” tandasnya.
Sumber : FPII Setwil Sulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here